Hadapi Tantangan Global, Bupati Soppeng Buka Bimtek Pengembangan Produksi Jagung Hibrida Nasional -->

 


Translate


Hadapi Tantangan Global, Bupati Soppeng Buka Bimtek Pengembangan Produksi Jagung Hibrida Nasional

Senin, 05 September 2022


Soppeng, Mitrabuser.com,- Pemerintah Kabupaten Soppeng dalam kepemimpinan Bupati Andi Kaswadi Razak kini kembali dengan komitmen untuk memajukan dan mengembangkan petani di wilayahnya khususnya petani jagung yang sasarannya untuk kesejahteraan petani dan kapasitas penyuluh sebagai ujung tombak dalam peningkatan produksi pangan nasional dengan melaksanakan bimbingan teknis pengembangan produksi jagung hibrida nasional di kabupaten soppeng yang dilangsungkan di
Hotel Maryam Palace jl. Kayangan Watansoppeng, Senin (5/9/2022).

Bupati soppeng, H. A. Kaswadi razak, SE menghadiri langsung acara pembukaan bimbingan teknis peningkatan produksi jagung hibrida nasional, sekaligus membuka acara.

Kepala Balai penelitian tanaman serealia Maros, Dr.Amin Nur SP. M.Si dalam laporannya menjelaskan bahwa Kegiatan bimtek ini di fasilitasi oleh kementerian pertanian, dan ini akan kita laksanakan dibeberapa tempat khususnya di Sulawesi Selatan, ini pertama kalinya kita pilih di Kabupaten Soppeng, ujarnya.

Peserta yang hadir di sini adalah petani dan juga penyuluh, ada 10 orang dari Kabupaten Bone, 10 orang dari Sinjai dan 55 orang dari Kabupaten Soppeng dengan total peserta yang hadir ada 75 orang, terang. 


Tujuan utama dari kegiatan bimtek ini, untuk memperkenalkan jagung hibrida yang sudah kita rilis dan dilepas oleh Kementerian Pertanian. 

"Yakni bagaimana mentransfer teknologi dan mentransfer pengetahuan, ucapnya.

"Mudah-mudahan diantara kita petani dan juga penyuluh ada yang berminat menjadi penangkar benih, sehingga kami mencoba memberitahu bagaimana cara memproduksi jagung hibrida, jelasnya. 

"Kita mengharapkan dari teman-teman penyuluh akan memberikan percontohan kepada masyarakat petani bagaimana budidaya jagung hibrida dan bagaimana cara budidaya jagung untuk produksi. 

Sementara itu, Bupati soppeng H. A. Kaswadi Razak, SE dalam sambutannya mengatakan, Pelatihan yang Insya Allah yang kita akan dapatkan nanti, terutama dalam peningkatan produksi jagung hibrida memang saat sekarang ini perlu suatu inovasi gerakan bersama karena jagung ini memang adalah bahan primadona, ujarnya. 

"Salah satu yang tepat dalam menghadapi tantangan global dunia pertanian dan peningkatan produksi pertanian menjadi lebih baik dan berkualitas adalan bimbingan teknis teknologi produksi dan budidaya jagung hibrida. 

"Tujuan utama di selenggarakannya bimbingan teknis teknologi produksi dan budidaya jagung hibrida  adalah meningkatkan kemampuan tenaga lapangan di daerah khususnya di Kabupaten Soppeng, Bone dan Sinjai, memaksimalkan potensi sumberdaya lahan dengan input benih yang berkualitas, meningkatkan jejaring kerjasama antara kementan, balitbangtan dengan stakeholder terkait.

Semoga kegiatan ini memberikan bekal pengetahuan dan dapat diimplementasikan dengan baik sehingga dapat mendukung produktifitas lahan dan jagung khususnya di Kabupaten Soppeng ini, pungkas Bupati Andi Kaswadi Razak.

Acara ini turun di hadiri oleh anggota Forkopimda, Kepala Dinas pertanian, hortikultura dan perkebunan Kabupaten Soppeng.

(Red/AJS)