Operasi Keselamatan Tahun 2022 Dimulai, Kapolres Soppeng Beberkan Sasaran dan SOP Petugas -->

 


Translate


Operasi Keselamatan Tahun 2022 Dimulai, Kapolres Soppeng Beberkan Sasaran dan SOP Petugas

Selasa, 01 Maret 2022

Kapolres Soppeng AKBP Santiaji Kartasasmita, SIK saat membacakan sambutan seragam Kapolri (Ist).

Soppeng, Mitrabuser.com,-Kapolres Soppeng Akbp Santiaji Kartasasmita S.I.K memimpin langsung apel gelar pasukan Ops Keselamatan 2022 dengan tema "melalui apel gelar pasukan Ops Keselamatan 2022 kita tingkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan menerapkan Protapkes di masa pandemi Covid - 19 di Lapangan Apel Mako Polres Soppeng jl. Kemakmuran Kel. Lemba Kec. Lalabata Kab. Soppeng, Selasa 01 Maret 2022 pukul 08.00 wita.


Kapolres Soppeng saat membacakan amanat Kapolda Sulsel mengungkapkan bahwa "permasalahan dibidang lalu lintas ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis, hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidup". Ujarnya

"Yang menjadi perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan, keselamatan memang suatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas, dalam kontek ini lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas".Jelasnya

Adapun jenis 7 sasaran pelanggaran yang menjadi prioritas pada Ops Keselamatan 2022 yaitu

1. Tidak menggunakan helm SNI
2. Pengemudi kendaraan dalam keadaan pengaruh Alkohol atau Narkoba
3. Tidak menggunakan sabuk pengaman / safety belt
4. Pengendara yang berboncengan lebih dari satu
5. Anak yang berkendara dibawah umur
6. Pengguna Hp Saat berkendara
7. Melawan Arus Lalu lintas.

"Namun pada tindakan tersebut tetap mengedepankan tindakan persuasif humanis serta melakukan penindakan terhadap truk odol ( over dimensi dan over loading ) yang berpotensi terjadinya laka lantas".tambah Akbp Santiaji.


Dalam penanganan jenis pelanggaran tersebut diatas dilakukan secara persuasif humanis dengan memberikan tindakan teguran kepada pelanggar, selain tindakan teguran juga dilaksanakan sosialisasi dan edukasi secara massif tentang disiplin dalam berlalu lintas.

Dirahapkan pada ops Keselamatan tahun ini dapat memutus mata rantai penyebaran Covid - 19, menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas pada ruas jalan blackspot, Troublespot serta dapat meminimalisir fatalitas laka lantas yang mengakibatkan korban meninggal dunia". Pungkasnya.


Turut hadir dalam kegiatan Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak SE, Ketua DPRD Kab. Soppeng H. Syahruddin M. Adam S.Sos M.M, Dandim 1423 Soppeng Letkol Inf Richard M. Butar - Butar S.A.P M.Tr. ( Han ), Ketua Pengadilan Negeri atau yang mewakili, Wakapolres Soppeng Kompol H. Muhiddin Yunus S.H M.H, Pasi Ops Kodim 1423 Soppeng Kapten Inf. Sailella, para PJU Polres Soppeng setingkat Kabag, Kasat, Kapolsek Perwira dengan peserta apel terdiri dari personil Kodim 1423 Soppeng, Gabungan Satfung Polres Soppeng, Sat Pol PP serta PSC 119 Pemkab Soppeng.