Bersama Dewas PDAM Ompo, Bupati Soppeng Bahas Sumber Air Bersih -->

 


Translate


Bersama Dewas PDAM Ompo, Bupati Soppeng Bahas Sumber Air Bersih

Rabu, 10 April 2024


Soppeng, Mitrabuser.com, Momen Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 dan acara Open House yang digelar Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak, menjadi ajang diskusi yang penting bagi A. Agus PH Rauf, selalu Dewan Pengawas Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Ompo. Rabu malam (10/4/2024).


Dalam diskusi tersebut, dibahas tentang perkembangan perusahaan daerah air minum di Kabupaten Soppeng, terutama terkait distribusi air bersih kepada masyarakat.


Dalam pembahasan itu, diperinci


persoalan yang dihadapi Perumdam


Tirta Ompo, termasuk keterlambatan


penggajian karyawan dan beban listrik


perusahaan.


Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak, mengatakan, pentingnya mengatasi masalah tersebut untuk memastikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.


Salah satu topik penting dalam diskusi rencana pembangunan sumber air baku dari Sungai Ara yang diusulkan Agus PH Rauf.


Menurutnya, penggunaan Sungai Ara memiliki potensi besar untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat Soppeng, terutama di wilayah kota hingga ke wilayah Kecamatan Ganra.


Meskipun demikian, Bupati Soppeng menyarankan agar rencana ini matang terlebih dahulu melalui desain dan survei yang teliti.


la juga menyampaikan preferensi terhadap sumber air Sungai Lawo, yang menurutnya lebih baik karena memungkinkan untuk intervensi seperti pemakaian kaporit untuk menjernihkan air.


Kaswadi menegaskan pentingnya melibatkan ahli dalam setiap tahapan proyek, serta meminta Dewan Pengawas untuk terus mengawasi Direksi Perumdam Tirta Ompo dalam menjalankan tugasnya.


Selain itu, dibahas pula tentang sumber air lempa yang dinilai sudah baik, namun perlu dilakukan normalisasi terhadap sumber air Panjilange.ia mengingatkan pentingnya pemantauan terus- menerus terhadap perkembangan serta memperhatikan masalah penagihan yang harus transparan dan diawali dengan nilai jumlah pemakaian melalui meteran. (**)