Sekdis Dikbud Bersama Sejumlah Kepala Sekolah dan Pengawas Hadiri Sosialisasi Ekstrakurikuler Pendidikan Kepramukaan -->

 


Translate


Sekdis Dikbud Bersama Sejumlah Kepala Sekolah dan Pengawas Hadiri Sosialisasi Ekstrakurikuler Pendidikan Kepramukaan

Rabu, 31 Januari 2024


Soppeng, Mitrabuser.com, Sekretaris Dinas Pendidikan kabupaten Soppeng Dr Nur Alim bersama sejumlah Kepala Sekolah dan Pengawas di segala tingkatan menghadiri acara sosialisasi pendidikan kepramukaan yang di langsungkan di aula dinas pendidikan kabupaten Soppeng, Kamis (1/2/2024).


Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Soppeng H. Syaharuddin M. Adam, S.Sos, MM.


Ketua Panitia Drs.Sulo, M.Si dalam laporannya menuturkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari dengan jumlah keseluruhan pesertanya sebanyak 134 Orang  yang berasal dari para Kepala  TK se Kabupaten Soppeng (80 Orang), Para Penilik PAUD dan Diknas, Pengawas TK/SD/ sederajat, SMP,  SMA/SMK dan pengawas Madrasah Kemenag (54 Orang), sebutnya.


Drs Sulo menjelaskan bahwa tujuan  dari kegiatan ini adalah agar peserta dapat memahami tugas dan fungsinya sebagai Mabigus serta dapat mempraktekkan dan atau mengiplementasikan ilmunya di pangkalan masing masing dalam membina anak didiknya.


Sementara itu, Ketua Kwarcab Syaharuddin M Adam saat membuka kegiatan menyampaikan terima kasih kepada seluruh Panitia yang telah melaksanakan kegiatan ini sampai selesai.


"Terima atas semua dukungan dan antusias yang sangat luar biasa para pihak yang telah menyukseskan kegiatan ini", ucapnya.


"Kita laksanakan kegiatan ini adalah untuk menjawab berbagai tantangan bangsa ini semakin komplek, tutur Syaharuddin yang juga Ketua DPRD kabupaten Soppeng.


"Mari kita melakukan inovasi inovasi yang tetap berpegang teguh pada satya lencana dan dasa dharma pramuka, imbuh pria yang akrab di sapa Pak Sahar ini, ajak Syaharuddin.


Dikatakannya, "Kepemimpinan harus dipertanggungjawabkan dan mampu menyelesaikan segala problem problem yang dihadapi saat ini, tegas Dia.


"Banyak orang pintar tapi tidak mampu memimpin karena jiwa kepimpinannya (leadership) kurang, ujarnya.


"Membangun krakter anak dimulai dari kita, bagaimana kita melahirkan pemimpin pemimpin yang mampu melawan zaman.


"Pramuka dapat membentuk manusia manusia yang cerdas dan memiliki jiwa sosial yang tinggi, katanya.


"Pengurus gerakan pramuka membutuhkan pengabdian, kesukarelaan dan keihlasan yang juga dibarengi dengan semangat kerja keras dalam mewujudkan manusia indonesia yang beriman, cerdas, terampil dan berbudi pekerti luhur.


"Arus globalisasi sangatlah pesat, dan pramuka harus mampu menyesuikan diri dari trend yang berkembang .
kepada para peserta, jelasnya.


Saharuddin mengharapkan semua peserta yang telah mengikuti kegiatan ini dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapat.


Turut hadir Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng Dr. Nur Alim, M.Pd. para pimpinan dan pengurus Kwarcab Kabupaten Soppeng.


(Red)