Dispapora Gelar Workshop dan Pameran Ekonomi Kreatif, Ini Harapan Wabup Soppeng -->

 


Translate


Dispapora Gelar Workshop dan Pameran Ekonomi Kreatif, Ini Harapan Wabup Soppeng

Rabu, 14 Juni 2023


Soppeng, Mitrabuser.com, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Soppeng menggelar Workshop dan Pameran Ekonomi Kreatif Pariwisata (Wekraft) Tahun 2023 yang dilangsungkan diruang rapat Kantor Gabungan Dinas Jalan Salotungo Watansoppeng. Rabu (14/6/2023).


Kegiatan ini di hadiri Wakil Bupati Soppeng Ir H Lutfi Halide MP dan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan Dr. H. Asriady Sulaiman, S.IP., M.Si.


Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kab.Soppeng Dra.Suriasni, M.Pd dalam laporannya mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah sebagai bentuk Upaya mengembangkan kapasitas/ kompetensi pelaku ekonomi kreatif dalam memajukan perekonomian masyarakat melalui kepariwisataan;


"Melalui kelompok sadar wisata dapat memotivasi dan meningkatkan peran serta masyarakat mulai di desa/kelurahan dalam mendukung dan menciptakan iklim  kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan daerah dan manfaatnya bagi kesejahteraan ummat.


"Memberi pedoman dan kejelasan potensi kepariwisataan kabupaten Soppeng kepada wisatawan local dan mancanegara dengan mempromosikan segala bentuk usaha pariwisata dan produk kreatif melalui website dan Brand pariwisata berupa logo dan slogan pariwisata, sehingga potensi daerah dapat lebih dikenal.


Sementara itu, Wakil Bupati Soppeng, dalam sambutannya mengatakan,Saya sangat berharap  ada komoditi-komoditi unggulan seperti kopi Mattabulu yang sangat terkenal di Nusantara


"Seluruh desa dan kelurahan di Soppeng harus memiliki inovasi inovasi unggulan Pariwisata.


"Lejja adalah sumber mata air terbaik di dunia mengalahkan jepang dan negara lainnya.


"Melalui kegiatan Wekraf ini saya berharap kepada peserta agar dapat diikuti dan memanfaatkan kesempatan untuk menyimak materi yang diberikan suoaya dapat memperluas kesempatan berusaha disamping memberikan lapangan pekerjaan baru untuk memberdayakan SDM dengan potensi yang dimiliki.


Sambutan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Sulsel Dr. H. Asriady Sulaiman, S.IP., M.Si menyampaikan apresiasi yang tinggi untuk Ibu Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga kabupaten Soppeng yang sudah melakukan inovasi pada hari ini melaksanakan kegiatan wekraf ini.


"Selamat kepada Soppeng yang telah masuk 300 kategori desa wisata unggulan.


"Saya berharap kabupaten soppeng lebih baik lagi kepariwisataannya dimasa yang akan datang.


Pada acara ini telah dikukuhkan Asosiasi kelompok sadar wisata (Pokdarwis) masa bakti 2023 sd 2025 oleh wakil bupati soppeng.


Turut hadir Sekda, para asisten dan staf ahli, para kepala Skpd, para Kabag Setda, para camat, para kepala desa dan kelompok sadar wisata dan para pelaku ekraf unggulan soppeng.