Bangun Sumur Serapan, Camat Labuhan Deli Gandeng PAC IPK Agus Salim -->

 


Translate


Bangun Sumur Serapan, Camat Labuhan Deli Gandeng PAC IPK Agus Salim

Jumat, 14 Oktober 2022


Labuhan Deli, Mitrabuser.com,
Sebagai konservasi air sekaligus mengurangi risiko banjir yang berpotensi terjadi selama cuaca ekstrem, Muspika Labuhan Deli, Deli Serdang, menggandeng PAC IPK Labuhan Deli pimpinan Agus Salim membangun sejumlah sumur resapan air (SRA), Jumat (14/10/2022).

Sebagai tahap awal, pihak Kecamatan Labuhan Deli bersama PAC IPK Labuhan Deli, membangun drainase vertikal tersebut di beberapa kawasan yang dianggap sering terjadi genangan air di sekitar Kantor Camat Labuhan Deli.

Selain dihadiri Camat Labuhan Deli Edy Siregar turut juga mendampingi Wakil Ketua Forum Koordinasi Daerah Aliran Sungai Sumut Prof. Dr. Ir. Abdul Rauf MP, Ketua TP.PKK Kecamatan Labuhan Deli Ny. Poetry Maessa Edi Siregar. SE, seluruh kasi dan perangkat Kecamatan Labuhan Deli, Sekdes se Labuhan Deli serta Ketua PAC IPK Labuhan Ddeli Agus Salim dan jajaran pengurusnya.

Camat Labuhan Deli Edy Siregar kepada wartawan mengatakan, dalam pembangunan SRA itu, pihaknya menggandeng TP. PKK Labuhan Deli dan elemen masyarakat yang ada di Labuhan Deli salah satunya Ormas PAC IPK Kecamatan Labuhan Deli yang diketuai Agus Salim.


"Pembangunan sumur resapan ini, kita lakukan sebagai salah satu upaya untuk mencegah dan mengurangi genangan air bila musim penghujan tiba, program ini telah kita kordinasikan kepada Forum Kordinasi Daerah Aliran Sungai Sumut," ujarnya

Menurutnya, pembangunan SRA yang berfungsi menampung, menyimpan dan menambah cadangan air tanah itu, dimulai dari sekitar kantor Camat Labuhan Deli terlebih dahulu, selanjutnya akan kita bangun disetiap desa yang wilayahnya jadi langganan genangan air bila musim penghujan.

"Program sumur resapan ini sangat bagus bahkan ini sudah menjadi program nasional dan internasional, makanya kita akan terus kembangkan. Saya berharap program ini dapat didukung oleh seluruh kepala desa dan elemen masyarakat yang ada," tambahnya.

Sementara, Ketua PAC IPK Labuhan Deli Agus Salim yang juga memahami tentang SRA itu menimpali, pihaknya sangat mendukung program pihak kecamatan dalam menanggulangi banjir di Labuhan Deli tersebut.

"Saya Ketua PAC IPK Kecamatan Labuhan Deli bersama jajaran pengurus, mendukung penuh program ini, sebab sangat bermanfaat untuk mengendalikan aliran permukaan sebagai upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim dan bila terjadi hujan dengan intensitas tinggi, air tidak sampai meluber ke permukiman penduduk maupun jalan raya," katanya.

Menurut Agus, tehnik konservasi air berupa bangunan menyerupai sumur gali dengan kedalaman tertentu untuk menampung air hujan itu, manfaatnya sangat efektif dala mengurangi aliran permukaan dan mempertahankan bahkan meninggikan air tanah.

"Saya bersama IPK Labuha Deli sangat mendukung program kecamatan yang membuat sumur resapan guna menanggulangi banjir yang ada di kecamatan kita ini," sambungnya.

Agus juga menyampaikan pihaknya akan siap bersenergi dengan muspika untuk menjalankan program - program demi kemajuan Kecamatan Labuhan Deli.

"IPK akan selalu siap untuk bersinergi dengan muspika demi kemajuan Kecamatan Labuhan Deli,"pungkasnya. (red)