Wujud Rasa Syukur, Camat Pondok Aren Gelar Safari Ramadhan Keliling Masjid Taraweh -->

 


Translate


Wujud Rasa Syukur, Camat Pondok Aren Gelar Safari Ramadhan Keliling Masjid Taraweh

Kamis, 07 April 2022


Tangsel (Banten), Mitranya.com,- Mengutip sebuah hadits Rasulullah SAW, Dua golongan besar bila keduanya baik, maka baiklah umat manusia. Dan bila mereka buruk, maka hancurlah umat manusia, yaitu ulama dan umara.

Hal itu diungkapkan Deden Firdaus selaku pemandu kegiatan Safari Ramadhan di pimpin Camat Pondok Aren H.Hendra SH, Msi bersama para lurah dan jajaran muspika Pondok Aren ke sujumlah mesjid, Kamis (07/04/2022)

Sungguh, kata Deden, kehidupan masyarakat dan negara akan aman dan damai kalau dua pilarnya bersatu. Keduanya adalah ulama dan pemimpin (umara).

"Ulama yang istiqamah dan umara yang amanah, bekerja sama dalam fungsi masing masing, serta silaturahim yang terjaga antara ulama dan umara membawa keberkahan umat dan negara," ujarnya.

Sebaliknya, kata Deden, sungguh akan rusaklah bila tidak terjalin silaturahim dan kerja sama yang baik antara ulama dan umara.

“Apalagi bila ulamanya berakhlak buruk, sementara umaranya zalim, umat dan negeri pun jadi lemah tergadai, naudzubillahi min dzaalika,” paparnya.


Camat Pondok Aren Hendra mengatakan, tim Safari Ramadhan dilakukan tujuannya, sebagai ungkapan rasa syukur, hampir dua tahun lebih, masyarakat dihantui dengan munculnya pandemi Virus Corona (Covid -19).

"Alhamdulilah, pemerintah memberikan kebijakan Sholat Taraweh sehingga bisa dilaksanakan di Mesjid atau Mushola," kata Hendra, usai melaksanakan Sholat Taraweh di mesjid Nurul Ikhlas, Kelurahan Jurang Mangu Timur, Pondok Aren, Tangerang Selatan (Tangsel).

Keberhasilan menurunnya kasus Covid 19 kata Hendra, tentunya atas kerjasama berbagai pihak, semua elemen masyarakat dan TNI juga POLRI di tambah Do'a dari para ulama. Namun kita tetap waspada dan mematuhi aturan pemerintah.

"Selain Silahturahmi, dan dukungan kepada masyarakat selama tiga bulan menjabat Camat di Pondok Aren. juga memperkenal para lurah dan lainnya dari 11 Kelurahan yang ada di Kecamatan Pondok Aren," jelasnya.

Dijelaskan sekertaris Camat Pondok Aren Ma'mun, agenda Safari Ramadhan yang lazim taraweh keliling (Tarling) ke beberapa mesjid, bersama unsur pimpinan dilingkungan Kecamatan Pondok Aren.

"Dengan segala keterbatasan, kami baru bisa melaksanakan satu mesjid dari setiap kelurahan dan memberikan bantuan kepada pengurus mesjid dan mushola juga santunan untuk anak yatim piatu dan dhuafa," kata Ma'mun.

Dia menambahkan, Dengan memasuki hari ke lima bulan Ramadhan, sudah tiga mesjid diantaranya, mesjid Al-Ikhlas dilingkungan kelurahan Pondok Betung, mesjid Nurul Ikhlas kelurahan Pondok Karya dan mesjid Nurul Iman berada dilingkungan kelurahan Jurang Mangu Timur," ucap Ma'mun.

Diketahui, Jadwal Safari Ramadhan 1443 H. dari 11 kelurahan, dimulai dari Mesjid Al- Ikhlas kelurahan Pondok Betung, Nurul Ikhlas kelurahan Pondok Karya, Nurul Iman kelurahan Jurang Mangu Timur.

Dilanjutkan ke Mesjid Al-Mustaqim kelurahan Jurang Mangu Barat, Ass Sa'adah kelurahan Parigi, Nurul Yaqin kelurahan Parigi Baru, Al-Kautsar kelurahan Pondok Kacang Timur, Al-Barkah kelurahan Pondok Aren, Mesjid Raya Bintaro kelurahan Pondok Pucung, At-Taubah kelurahan Pondok Jaya dan Mesjid Az-Zahra kelurahan Pondok Kacang Barat.

(Syarif).