Mentan SYL Dampingi Presiden Joko Widodo Tinjau Lahan Food Estate di Belu NTT -->

 


Translate


Mentan SYL Dampingi Presiden Joko Widodo Tinjau Lahan Food Estate di Belu NTT

Kamis, 24 Maret 2022


Belu (NTT), Mitrabuser.com, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mendampingi mendampingi Presiden Joko Widodo membuka lahan food estate di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, hari ini.

"Dengan mengintegrasikan pertanian dari hulu hingga hilir, food estate Belu ini diharapkan mampu meningkatkan ketahanan pangan, gizi masyarakat, dan kesejahteraan petani, kata Syahrul.

Kata Dia, "Presiden sangat ingin kehidupan masyarakat NTT mengalami peningkatan perekonomian dan rakyat makin sejahtera.

"Salah satunya melalui bidang pertanian. Inilah harapan dari hadirnya pengembangan food estate ini, jelas mantan Gubernur Sulsel 2 Periode ini, Jumat (24/3).


Dikatakannya, "Pengembangan kawasan food estate seluas 559 ha di Kabupaten Belu ini tersebar di 4 kecamatan, yakni Leosama, Manleten, Umaklaran, dan Kecamatan Fatuketi yang terdiri dari pengembangan padi seluas 411 ha dan jagung seluas 148 ha. Pengembangannya bertahap dari tahun 2021 hingga 2024.

"Kita akan jadikan kawasan ini menjadi usaha pertanian yang terintegrasi hulu-hilir berbasis kawasan dan klaster menurut kesesuaian agro-ekosistem. Dengan begitu, tata kelola mulai dari pra hingga pasca panen akan berkesinambungan, dan diharapkan bisa terus meningkat, ujar Syahrul Yasin Limpo.

"Saya berharap pertanian di NTT harus mampu bersaing dengan daerah lain, seperti Jawa, Sulawesi, Sumatera, dan kawasan ini harus menjadi percontohan untuk dikembangkan di lahan pertanian kering yang lain, pungkas Mentan SYL.

(Red/AJS)