Jembatan Gantung Aji Aras di Walimpong Soppeng Diresmikan -->

 


Translate


Jembatan Gantung Aji Aras di Walimpong Soppeng Diresmikan

Kamis, 10 Maret 2022


Soppeng, Mitrabuser.com,- Legislator DPR RI Dr H Muh Aras kembali ke Soppeng tanah kelahirannya untuk meresmikan pembangunan jembatan gantung yang ada di Walimpong Desa Barae Kecamatan Marioriwawo yang dia perjuangkan penganggarannya melalui anggaran APBN dari dana Aspirasinya.

Pembangunan jembatan gantung ini dinamai Jembatan Gantung Aji Aras yang pembangunannya telah rampung dan diresmikan penggunaannya oleh anggota komisi V DPR RI Dr H Muh Aras dari partai PPP.

Sebagai bentuk kesyukuran warga sehingga nampaka salah satu tulisan di baliho yang terpasang disekitar lokasi peresmian dengan tulisan, "Selamat Datang Anggota DPR RI Dr. H. Muh. Aras, S.Pd., M.M., Komisi V Fraksi PPP. Terima kasih atas perjuangannya. Jembatan Gantung Aji Aras di Walimpong Rampung Pembangunannya," begitu salah satu tertulis di antara ratusan baliho tanda rasa syukur masyarakat setempat menyambut peresmian jembatan ini.


Mantan Kades Barae yang juga ex Legislator DPRD kabupaten Soppeng partai Golkar Drs Amiruddin dalam kesempatan peresmian jembatan gantung tersebut mengakui jika jembatan gantung yang telah diresmikan ini adalah hasil perjuangan dan prakarsa dari anggota komisi V DPR RI Dr H Muh Aras, sehingga kami mewakili warga mengucapkan terimakasih atas kepedulian memperhatikan kebutuhan warga sehingga dapat dimanfaatkan dalam sarana transportasi.

"Saya berharap semoga jembatan yang baru saja diresmikan ini, menjadi tanggung jawab masyarakat dalam menjaga pemeliharaannya, harap Amiruddin.

Nampak dalam penyampaian kesan dan pesan mewakili warga Amiruddin selaku tokoh masyarakat warga Desa Barae tak dapat membendung rasa keterharuannya atas adanya jembatan ini sehingga dirinya mengatakan, Atas kerjasama yang baik antara Bupati Soppeng selaku Pemerintah Daerah dengan Anggota DPR RI, sehingga impian jembatan gantung kini sudah terwujud dan dapat dimanfaatkan, ujarnya.

Sementara itu, Junior, PPK 3.3 Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah 1 Sulsel yang juga hadiri dalam peresmian itu dalam laporannya menegaskan bahwa jembatan ini dibangun atas dana aspirasi Anggota Komisi V DPR RI Dr. H.Muh. Aras, S.Pdi.

Senada di sampaikan Kabid Pembangunan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BB PJN) Sulawesi Selatan, Suprianto, juga mengakui kalau proses hadirnya jembatan ini, perjuangannya tidaklah mudah sehingga Jembatan ini dibangun dari dana aspirasi Dr. Aras selaku Anggota DPR RI telah dapat dilalui sesuai kapasitasnya.

Menutup sambutannya, Kabid Pembangunan BB PJN ini minta jembatan gantung tersebut dirawat secara bersama-sama.

Bupati Soppeng diwakili Asisten 1 Drs. H. Arif Dimas, M.Si., dalam sambutannya antara lain, mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah khususnya masyarakat di dua desa, Soga dan Barae pihak pemerintah daerah menyambut baik dengan rasa terharu atas adanya jembatan ini. tentu ini menjadi kebanggan Soppeng, ujarnya.

"Terima kasih kepada Dr. Aras atas perjuangannya selaku Anggota Komisi V DPR RI," demikian Bupati Soppeng menutup sambutannya dibacakan Asisten 1.

Anggota Komisi V DPR RI Dr. H. Muh. Aras, S.Pd., M.M., dari Fraksi PPP, dalam sambutannya, kembali mengingat ketika Tim pihaknya menemui kades tempat dibangunnya jembatan ini.


Kades tersebut enggang menerima jembatan ini dibangun, karena sesuai pengalamannya, sudah banyak yang datang menawarkan diri untuk mengurus membangun jembatan tetapi hasilnya semuanya nihil.

Bahkan pernah juga sudah mulai membangun namun terhenti karena pihak kontraktornya lari dan mengabaikan melanjutkan.

Berita ini dengan cepat sampai di telinga Dr. Aras. Ia pun datang menemui kades ini. Dr. Aras mampu meyakinkan pemerintah setempat.

Dimulailah proses administrasi pengusulannya dari pemerintah desa ke kecamatan lalu ke kabupaten hingga ke Pemerintah Pusat, dan kini jembatan ini sudah dapat dilalui.


Sebelumnya, pada acara itu, peresmiannya dilakukan oleh Dr. Aras selaku Anggota DPR RI, disambut dengan Tarian Padduppa.
rupanya rasa senang bercampur kegembiraan warga tak dapat disembunyikan.

Terlihat di beberapa tempat strategis ratusan baliho dengan berbagai ilustrasi kalimat, sebagai tanda kesyukuran kepada Sang Maha Pencipta Allah SWT.

Selain Dr. Aras selaku Legislatif Pusat bersama rombongan, perwakilan pimpinan instansi terkait dari pusat dan provinsi, Bupati Soppeng diwakili Asisten 1 Setda Soppeng, hadir juga Ketua DPRD Soppeng H. Syahruddin M Adam, S.Sos., M.M., perwakilan Kapolres Soppeng, Perwakilan Dandim 1423/Soppeng, Asisten 1 Setda Soppeng, Drs. Arif Dimas, M.Si.

Sejumlah pejabat Soppeng terkait, Camat Marioriwawo bersama Kades/Lurah se-Kecamatan Marioriwawo, para tokoh masyarakat.




Usai acara, Tenaga Ahli DPR RI Hamka Anas mengatakan, jembatan ini memiliki panjang 120 M, lebar 2,4 M dengan dana bersumber dari APBN dari dana aspirasi Dr. Aras selaku Anggota DPR RI, anggarannya Rp 3,4 M itu, menjadi pemandangan menarik, terbentang di atas Sungai Walanae menghubungkan antara Desa Barae dengan Desa Soga Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng.

Desa tempat dibangunnya jembatan ini menjadi perbatasan antara Kabupaten Bone dengan Kabupaten Soppeng. Sehingga dengan jembatan ini semakin memudahkan akses lalulintas di antara masyarakat di dua kabupaten. (Red/Rls).