Tiga Pimpinan Organisasi Pers Soppeng Dalam Satu Meja, Ini Yang Dibahas -->

 


Translate


Tiga Pimpinan Organisasi Pers Soppeng Dalam Satu Meja, Ini Yang Dibahas

Selasa, 11 Januari 2022

Ketua AMJI RI Arham MS bersama Jamal Hasan Basir Ketua AJOI Soppeng dan Herwan Ketua JOIN Soppeng bersama sejumlah awak media (Ist).

Soppeng, Mitrabuser.com, - Tiga pimpinan organisasi pers yang ada di Bumi Latemmamala bertemu dalam satu meja bahas  terkait peningkatan anti Korupsi dan peningkatan kapasitas wartawan yang dilangsungkan di Cafe La Vore, Rabu (12/1/2022).


Ketiga pimpinan organisasi pers tersebut yakni Arham MS, SE, MH Ketua DPP Aliansi Media Jurnalis Indonesia (AMJI), Jamal Hasan Basir, SIP, MSi Ketua Aliansi Jurnalis Online Indonesia (AJOI) Kabupaten Soppeng dan Herwan,SH,MSI Ketua Jurnalis Online Indonesia (JOIN).


Pertemuan yang tidak direncanakan tersebut dengan nuansa ngopi bareng diawali dengan pernyataan Arham MS bahwa di tahun 2022 ini yang masih dalam suasana pandemi semoga dunia dapat pulih lebih kuat dengan capaian Vaksin dari sejumlah daerah termasuk di kabupaten Soppeng sehingga Dua varian baru muncul dengan tingkat penyebaran yang cukup tinggi dapat diatasi dan diredam penyebarannya yaitu varian Delta dan Omicron.


Hal ini menjadi tantangan bagi wartawan dalam naungan organisasi pers untuk turut serta dalam mensosialisasikan kepada masyarakat pentingnya Vaksiniasi dalam melindungi diri dan keselamatan warga.


Selain itu Arham MS menyebut bahwa tahun 2022 ini adalah tahun Peningkatan dan pencegahan korupsi  khususnya di kabupaten Soppeng, jadi bukan langsung penindakan namun pencegahannya yang menjadi fokus utama, Kata Dia. 


Dia juga menyinggung terkait restoratif justice yang mesti dilakukan oleh pihak aparat hukum khususnya tentang masalah-masalah kemasyarakatan.


Dikatakannya, " Saya mengintruksikan kepada seluruh wartawan khususnya dalam naungan organisasi pers AMJI RI untuk melakukan sosial kontrol dan atau Pengawasan secara melekat, profesional dan bertanggungjawab, imbuh ketua DPP AMJI RI Arham MS.


Sementara itu Jamal Hasan Basir menyampaikan terkait peningkatan kapability para jurnalis agar dapat tercipta produk-produk jurnalistik sehingga mejadi lokomotif yang dapat memberikan pencerahan pada pembacanya.


Kata Dia, "Dalam peningkatan kapability yang di barengi dengan peningkatan SDM nya, yang tentunya diharapkan kemampuan personal jurnalis dapat membedah permasalahan dan atau topik menjadi bahan beritanya sebelum dimuat, jelas Ketua AJOI Soppeng.


Ditempat yang sama Ketua JOIN Soppeng Herwan menyampaikan secara sederhana terkait dengan pencegahan korupsi di kabupaten Soppeng yang mengatakan bahwa jika ingin mencegah korupsi haruslah di mulai dari diri sendiri jika dalam diri sudah tertanam "lawan korupsi, maka insya Allah akan terhindar meski badai godaan menerjang, katanya.


" Yang paling penting harus dipahami yang mana masuk kategori korupsi dan yang terpenting lagi bahwa korupsi itu definisinya adalah memperkaya diri dan orang lain, tandasnya.


Tekait peningkatan kapasitas wartawan yang perlu di ketahui utamanya berita kontrol harus berimbang, ada fakta yang dapat di kroscek kebenarannya serta dapat dipertanggungjawabkan, terangnya.


"Kemudian dalam pemberitaan itu tidak bersifat tendensi namun ada pencerahan yang berorientasi pencegahan kejahatan di dalamnya, pungkasnya.


Published : Aswan Jaya Sakti