Pisah Sambut Lurah Macanre dari Andi Lukman Saransi Ke Andi Musrady -->

 


Translate


Pisah Sambut Lurah Macanre dari Andi Lukman Saransi Ke Andi Musrady

Kamis, 27 Januari 2022


Soppeng, Mitrabuser.com,- Rotasi dilingkup Pemda Soppeng yang dilangsungkan pada 20 Januari 2022 kepada sejumlah pejabat termasuk eselon IVa Lurah Macanre Andi Lukman Saransi, S.Sos digantikan oleh Andi Musrady, S.IP, kini gelar pisah sambut yang dilaksanakan di halaman kantor Kelurahan Macanre, Kecamatan Lilirilau, Kamis (27/1/2022).

Gelaran pisah sambut ini dihadiri Camat Lilirilau Drs.Muh Yusuf yang dalam sambutannya mengatakan,"
Pelaksanaan acara lepas sambut ini merupakan bukti bahwa kerjasama antara pemerintah Kelurahan dan seluruh lapisan masyarakat sangat baik, dan hal ini patut untuk dijaga dan dipertahankan, ujar mantan Lurah Ujung dan Sekcam Ganra ini.

lebih lanjut mantan Sekretaris DPMD Muh Yusuf mengatakan bahwa, "Rotasi kehidupan akan tetap berjalan, sama halnya dengan pergeseran jabatan akan terus berjalan seperti  yang terjadi dijajaran pemerintah Kelurahan Macanre dari kepemimpinan bapak Andi Lukman Saransi ke bapak Andi Musrady, SIP, Jelasnya.

Dikatakannya, "Dengan pergeseran ini diharapakan segala kekurangan yang dimiliki oleh Lurah yang baru dan Camat yang baru juga semoga kedepannya bisa diperbaiki dengan  memohon bantuan dan dukungan dari seluruh masyarakat Kelurahan Macanre pada khususnya dan masyarakat Kecamatan Lilirilau pada umumnya.

"Namun demikian, segala kekurangan itu dapat disempurnakan dan atau diperbaiki serta ditingkatkan secara bersama-sama demi untuk kesejahteraan masyarakat, terang Yusuf.

"Yang terpenting untuk diketahui bersama bahwa pemerintah merupakan pelayan sekaligus sebagai pelindung masyarakat, sehingga keterlibatan masyarakat sangat diharapkan sebagai mitra kerja pemerintah, tandas Camat Lilirilau Muhammad Yusuf.

Disela sambutannya, Camat Lilirilau Muhammad Yusuf juga mengharapkan  kepada seluruh masyarakat untuk tetap memperhatikan dan mematuhi protokol kesehatan dalam setiap aktivitas serta mendorong semua anggota keluarganya untuk melakukan vaksinasi.

Hal ini tentunya demi untuk melindungi diri, menjaga kesehatan, serta mensukseskan target pelaksanaan vaksinasi. 

Selain itu, Camat Lilirilau menghimbau untuk tetap membayar PBB dengan kesadaran sendiri, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pembangunan di wilayah Kabupaten Soppeng, imbuhnya.

Sementara itu sepatah kata Lurah Macanre yang baru Andi Musrady, S.Sos mengatakan bahwa dirinya
kembali mengenang saat pertama dipindahtugaskan ke Kelurahan Macanre, dimana sejak thn 2018, dimutasi dengan jabatan Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan pada kantor Kelurahan Macanre kemudian tahun 2019 kembali dilantik sebagai Sekretaris Lurah, sampai pada tanggal 20 Januari 2022 yang lalu kembali dilantik sebagai  Lurah pada kantor  Kelurahan Macanre, sementara lurah yang lama Andi Lukman Saransi, S.Sos dimutasi ke DPMPTSP.

Lurah Macanre Andi Musrady menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang sebesar- besarnya kepada  bapak Andi Lukman Saransi atas segala bantuan, kerja sama,  kepedulian, bimbingan dan ilmunya selama menjadi pimpinan kami, ujarnya.

"Andi Lukman Saransi senantiasa mengingatkan bahwa dalam melaksanakan tugas, dan setiap kali mendapatkan perintah, sejatinya harus selalu dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait", kenang Andi Musrady mantan bawahan Andi Lukman Saransi. 

Dikesempatan yang sama pejabat lama Andi Lukman Saransi menyampaikan  terima kasih kepada seluruh masyarakat Kelurahan Macanre secara umum tanpa terkecuali, terkhusus kepada Tim Penggerak PKK Kelurahan Macanre, para ketua RT/RW, Kader Posyandu, para pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), dan Tokoh masyarakat.

Andi Lukman menyampaikan bahwa begitu banyaknya kesan yang didapatkan saat menjabat Lurah Macanre sehingga dirinya tidak sanggup untuk mengurai satu persatu, katanya.

Menurutnya, tidak ada orang hebat di dalam kantor Kelurahan itu, tapi  mereka adalah orang-orang  yang mau bekerja keras tanpa pamrih, sebut Andi Lukman Saransi.

Dia menghimbau untuk tetap bersatu padu dalam melayani masyarakat, dan semua itu dapat  terlihat dengan jelas dari Indeks Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) dan dari hasil survey itu pula telah membuktikan bahwa pemerintah Kelurahan Macanre telah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang didukung oleh orang-orang kuat yang mau bekerja keras dibelakangnya, tandasnya.

Dikatakannya,"Saat ini, saya berada dihadapan masyarakat Kelurahan Macanre yang merupakan wujud asli saya yang tidak dibuat-buat, tampil apa adanya, menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya karena selama berada di Macanre, hanya bisa menyapa bahkan kadang meneriaki masyakarat karena memang seperti itulah karakter asli saya", ungkapnya. 

Selain  permohonan maaf atas hal yang saya sampaikan tadi, saya juga menyampaikan bahwa selama saya yang menahkodai Kelurahan Macanre, semua harapan masyarakat belum sepenuhnya dapat terpenuhi, belum semua hal dapat terwujud, namun selama 3 tahun 10 bulan keberadaannya di Kelurhan Macanre, saya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat", tutur Andi Lukman.

Dalam kesempatannya, Andi Lukman juga berpesan kepada Lurah Macanre yang baru, bahwa "Sebagai Lurah mungkin sebagian orang menganggap biasa, tapi Lurah  mempunyai tanggung jawab yang sangat besar, ada logo yang disematkan sebagai amanah untuk  Lurah yang tidak bisa disematkan kepada semua ASN yakni lambang Garuda yang disematkan di dada yang mempunyai arti bahwa  Garuda itu memiliki makna sebagai tanggung jawab yang sangat besar, yang betul-betul harus dijaga dengan baik, dan jangan sampai Garuda itu dipatok oleh burung Merak, jadi tolong betul-betul dijaga dengan baik", tukas Andi Lukman Saransi.

Andi Lukman juga menyinggung masalah Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle, atau (TPS3R) yang merupakan satu inovasi yang  harus tetap dilanjutkan, sehingga hasil dari TPS3 R itu nantinya dapat menjadi ladang penghasilan bagi masyarakat, sehingga dapat meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, katanya.

Selain itu, Andi 
Lukman juga menyarankan kepada Lurah Macanre Andi Musrady untuk membuatkan wadah untuk air Sungai Walannae, sehingga air sungai Walannae dapat dimanfaatkan masyarakat.

Diakhir sambutannya, Andi Lukman kembali menitip pesan kepada Lurah Macanre yang baru, bahwa tiada keberhasilan yang bisa dicapai tanpa adanya orang-orang hebat dibaliknya, jadi tetaplah merangkul masyarakat, terutama pengurus TP PKK, Kader Posyandu, LPMK bersama pengurusnya, para ketua RT/RW, karena mereka adalah orang-orang  hebatnya Kelurahan, pungkasnya.


Selain Camat Liliriau, juga turut hadir anggota Tripika Kecamtan Lilirilau, Babinsa, Babinkamtibmas, Ketua RT/RW, LPMK bersama pengurus, TP PKK, dan tokoh masyarakat Kelurahan Macanre.

(Red/AJS).