Labuan Bajo Manggarai Barat NTT Jadi Tuan Rumah Konferensi Polwan Sedunia Ke 58 -->

 


Translate


Labuan Bajo Manggarai Barat NTT Jadi Tuan Rumah Konferensi Polwan Sedunia Ke 58

Jumat, 05 November 2021


Manggarai Barat (NTT), Mitrabuser.com,- Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Propinsi NTT dipilih menjadi tuan rumah pelaksanaan Konferensi Polwan se-Dunia ke-58 atau Association Woman Police 2021 yang akan digelar tanggal 6 - 12 November 2021.


Terpilihnya kota premium Labuan Bajo, Propinsi NTT sebagai tuan rumah, menjadi sejarah baru, sebab di Benua Asia, Indonesia lah satu-satunya negara pertama yang menyelenggarakan konferensi ini.


Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri, Irjen Johni Asadoma mengatakan, kegiatan ini digelar karena Indonesia berhasil memenangkan bidding (lelang pen) yang dilaksanakan di Quito Ekuador tahun 2019 lalu sehingga hasil diskusi nasional, Provinsi NTT dipilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan konferensi ini, tepatnya di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.


Ia menambahkan, sebanyak 17 negara peserta yang akan ikut berpatisipasi dalam pertemuan bergengsi ini.


17 negara itu adalah Amerika Serikat, Inggris, Arab Saudi, Jerman, Turki, Timor Leste, Kanada, Filipina, Malaysia, Ghana, Nigeria, Korea Selatan, Belanda, Singapura, Selandia Baru, Taiwan dan Australia.


Selain itu ada juga peserta offline dari luar negeri sebanyak 50 orang dan observasi sebanyak 25 orang dari 17 negara.


Johni Asadoma juga mengaku bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi NTT, Polda NTT, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Polres Manggarai Barat serta BNPB, baik untuk kesiapan sebagai tuan rumah maupun penekanan laju COVID-19.


"Kami sudah koordinasi. Semua bersepakat bahwa kegiatan itu akan dilaksanakan dengan Prokes ketat," kata Johni, Jumat (5/11/2021) di Labuan Bajo.


Sementara itu Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Lotharia Latif SH M.Hum telah meninjau langsung lokasi Konferensi Polwan se-Dunia, Kamis (4/11/2021). Selain meninjau kesiapan kegiatan, juga turut mengikuti opening ceremony International Assosiation of Women Police (IAWP).


Untuk pengamanan kegiatan, Polda NTT melakukan penambahan kekuatan personel dari Polres Manggarai Barat serta penambahan Kompi Brimob di Manggarai Barat dan dari Sumba Barat Daya.


Sumber : Humaspol